Cara mengingat password

|

Semakin lama interaksi kita dengan internet, semakin banyak saja layanan yang kita pakai. Dimana kebannyakkan dalam penggunaannya membutuhkan username dan password. Maka, semakin lama kita harus banyak menghafal username dan password dari masing-masing layanan. Ada email yang pastinya tidak hanya satu, messengger, blog, forum, e-banking, situs pencari kerja, dan lain sebagianya. Saya sendiri mencatat lebih dari 20 situs yang sudah saya daftar, dan itupun yang saya ingat.

Memang ada cara manual supaya kita bisa selalu ingat password kita. Simple namun juga beresiko. Yaitu dengan menyamakan semua username dan password dari semua account kita di internet. Cara ini beresiko, karena jika ada orang iseng dan tau satu password kita, maka semua account kita akan ketahuan passwordnya.  Atau bisa juga dengan cara mengingat beberapa kata tertentu. Lantas tiap kali kita mau membuat password, tinggal kita bolak-balikan dan kombinasikan kata-katanya. Pilihan lainya, bagi yang memiliki kemampuan dan space otak yang super, silahkan username dan password semaunya lalu dihafal saja semua. hehe.

Nah, daripada mempersulit diri dengan menghafal sekian banyak account. Sekarang sudah banyak software pengingat password atau password manager yang bisa kita gunakan secara mudah. Setelah cari sana-sini terutama yang sifatnya gratisan, saya temukan beberapa software password manager yang berfungsi untuk mencatat semua alamat situs beserta username dan password yang kita gunakan. Saya cukup mengingat satu password master untuk mengaksesnya. Dari sekian banyak software, pilihan jatuh pada KeePass password safe.


KeePass password safe 


Software ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:


  • Free dan opensource.

  • Ukuran kecil (1.1M untuk versi 1.14)

  • Ada versi portable yang tidak perlu diinstal, jadi bisa di simpan di flash disk.

  • Ada versi java yang bisa diinstall di handphone.

  • Bisa dipakai untuk mengenerate password sehingga password kita lebih aman dan "kuat".


Software ini sangat membantu bagi yang sering lupa dengan password. Yang terpenting, jangan sampai kita lupa password masternya.

0 komentar: