Awas gorengan dicampur plastik dan cara mengetahuinya

|
Rasanya sudah lama kita mengetahui adanya oknum penjual gorengan yang mencampur plastik pada minyak yang digunakan untuk menggoreng. Para pedangan yang hanya memikirkan untuk mencari untung saja ini tidak peduli dengan bahaya yang ditimbulkan dari aksi pencampuran plastik tersebut. Minyak yang digunakan saja seringkali sudah sekian kali penggunaan dan warna minyak yang sudah agak hitam. Apalagi dicampur dengan plastik, tentu akibat yang ditimbulkan akan semakin parah. Kolesterol dan kanker adalah ancaman bagi para konsumen yang tak sadar memakan gorengan crispy tersebut.


Pantas saja seringkali kita melihat gorengan yang sudah lama tapi tidak lembek, keras dan crspy. Ternyata dicampur dengan plastik. Beberapa user di forum Kaskus menyebutkan bahwa diantara mereka ada yang melihat dengan kepala sendiri dimana penjual gorengan dan pecel lele memasukan minyak yang masih dibungkus dengan plastiknya segaligus hingga meleleh bersama. Ada pula yang memasukan plastik-plastik lain seperti sedotan bahkan botol air mineral, edan gak tuh!?


Gorengan yang dimasak dengan minyak goreng hasil pengulangan dalam suhu tinggi dan jangka waktu lama (deep frying) memberikan kontribusi tertinggi terhadap asupan asam lemak trans. Asam lemak jenis ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Sedangak bahaya plastik adalah mengandung bahan kimia yang paling berbahaya yaitu Bisphenol A (BPA). Bahan ini mampu merangsang pertumbuhan sel kanker atau memperbesar risiko keguguran kandungan.

Kepada para penjual gorengan atau apapun yang menggunakan cara-cara di atas. Ketauilah bahwa anda sudah mencari rizqi dengan cara yang tidak berkah. Kasian penjual-penjual yang masih jujur menjadi ikut terkena dampaknya. Belum lagi bahaya yang dapat ditimbulkan.

Berikut ini ada sedikit tips untuk mengetahui gorengan yang dicampur plastik dengan gorengan yang digoreng dengan minyak tanpa dicampur plastik.



Gorengan yang dicampur dengan plastik seringkali terdapat bercak-bercak putih yang mengendap. Jika gorengan dibiarkan selama beberapa lama, gorengan tersebut masih kencang dan crispy.


Gorengan yang tidak dicampur dengan plastik tidak terdapat bercak-bercak putih tersebut. Gorengan relatif lebih cepat lembek daripada gorengan yang mengandung plastik.

Untuk lebih bisa membedakan, mungkin anda bisa mencoba menggoreng sendiri gorengan yang memakai plastik dan yang tidak. Lalu bedakan hasilnya.

0 komentar: