Jackie Chan setuju rokok diharamkan

|
Wacana tentang akan di keluarkannya fatwa haram Rokok oleh MUI menuai perhatian banyak pihak. Ada yang menyambut positif sekali rencana MUI tersebut karena generesi muda terutama anak-anak akan bisa dilindungi dari bahaya rokok. Selama ini rokok bisa menjadi jembatan para pemuda untuk mencoba sesuatu yagn lebih tinggi dari itu misalnya narkoba.Namun ada juga pihak yang tidak setuju dengan rencana fatwa ini. Alasannya nanti banyak petani tembakau yang akan dirugikan, hukumnya hanya makruh dan tidak sampai haram. Dan masih banyak alasan lainya.

Saya pribadi sangat setuju dengan rencana ini. Kalau kita lihat dari segi kesehatan sama sekali rokok tidak ada manfaatnya kecuali rasa asap yang tidak mengennyankan serta dampak bagi kesehatan sangat buruk. BeluBahkan di bungkus rokok itu sendiri sudah ada peringatan kalau rokok bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Berbagai macam racun yang terkandung dalam rokok sangat berbahaya bagi perokok pasif. Apalagi perokok Aktif. Dari sini sudah cukup alasan orang untuk tidak merokok. Tanpa perlu melihat hukum haram atau halalnya.



Sejak dulu sudah banyak sebenarnya ulama yang menhukumi merokok adalah haram. Dan yang paling rendah adalah menghukumi makruh. Artinya jika ditinggalkan mendapat pahala dan jika di lakukan akan mendapat kerugian dan kemudharatan.

Yang mengherankan kenapa pihak yang tidak setuju justru banyak datang dari kalangan pesantren, terutama di Jawa Timur. Kalau pengusaha yang gerah tentu ini wajar karena mereka sudah lama merauk keuntungan dalam bisnis ini. Ternyata memang lazin di kalangan pesantren bahwa siswa laki-lakinya merokok, atau bahkan mungkin kiainya?

Ustadz Ahmad Sarwat ,Lc. pernah menyatakan bahwa pendapat makruh didasarkan pada literatur klasik dimana jaman dulu, rokok tidak secanggih dan seganas sekarang. seandainya para kiyai itu tidak hanya terpaku pada naskah lama dan mengikuti rekan-rekan mereka di berbagai negeri Islam yang sudah maju, tentu pandangan mereka akan berubah 180 derajat. Apalagi bila mereka membaca penelitian terbaru tentang 200-an racun yang berbahaya yang terdapat dalam sebatang rokok, pastilah mereka akan bergidik. Dan pastilah mereka akan setuju bahwa rokok itu memberikan madharat yang sangat besar, bahkan teramat besar.



Bahkan Jackie Chan pasti setuju jika diberitahu rencana MUI untuk mengeluarkan fatwa haram rokok. Liat saja gaya sang jago kungfu tersebut.

0 komentar: