Blog menggunakan hosting gratisan

|
Ini blog ketiga yang aku buat setelah yang pertama menggunakan Blogger, kemudian pindah ke server ini. Namun setelah kena imbas "bersih-bersih" server, semua blog dan database ikut lenyap. Iseng-iseng aku coba cari hosting gratis, akhirnya nemu freehostia. Fasilitas yang disediakan bisa dibilang bagus dibanding free hosting yang lain, antara lain:

- Data storage: 250 MB
- bandwidth: 5 GB
- Subdomain
- No Ads alias tanpa embel-embel banner atau iklan semacamnya.
- PHP dan MySQL
- FTP Upload
- Web Filemanager
- Email
- serta menyediakan option fasilitas instalasi wordpress, mambo dan beberapa CMS semacamnya.

Proses mendapatkan service ini sangat mudah. Tinggal mendaftar di halaman ini. Pilih option Free Hosting (Banner Less). Isi data yang sesuai termasuk email anda (gunakan email asli) kemudian kilk order. Tak sampai 5 menit, email konfirmasi akan anda dapatkan. Isinya berupa username serta passowd yang dapat anda gunakan untuk masuk ke halaman control panel dan FTP.

Untuk melakukan proses upload file anda bisa menggukan file manager di halaman control panel. Namun lebih enak mengguakan FTP client sehingga proses upload file menjadi lebih cepat. Jika anda pengguna Mozilla Firefox, add-on FireFTP cukup bagus digunakan sebagai FTP Client. Jika anda ingin menginstall wordrpress anda bisa juga langsung menggunakan tool Elefante Free Scripts. untuk menginstall wordpress secara otomatis (tanpa perlu upload file terlebih dahulu). Free hostina juga menyediakan instalasi otomatis untuk CMS semacam mambo, joomla, forum phpBB, image gallery macam 4images dan coppermine serta masih banyak lagi.

update: karena server freehostia sudah down, pindah ke awardspace.

0 komentar: